Minggu, 02 September 2012

BERBICARA DENGAN TUJUAN MEYAKINKAN


Ada empat macam tipe pendengar,yaitu:
  1. Pendengar yang positif :dia sepakat dengan anda dan meyakini apa yang anda katakan.
  2. Pendengar yang netral :dia dating untuk mendengar dan menentukan  sikap
  3. Pendengar penentang :dia menentang pendapat anda ,tidak percaya ,atau tidak yakin dengan apa yang anda katakan
  4. Pendenagra yang acuh tak acuh:seseorang yang mendengar karena keadaannya memaksa untuk mendengar.
MEYAKINKAN PENDENGAR POSITIF
Anda harus  focus terhadap yang anda sampaikan, menjadikannya lebih dapat diterima dan dapat segera dilaksanakan.Pembicaraan yang diarahkan disebut sebagai pembicaraan penegas,pengingat,atau motivasi. Cara bicara pada  pendengar  positif:
  1. Jangan terlalu banyak menyampaikan nasihat,banyak nasihat akan membuatnya bosan.Sebaiknya kita berikan alasan-alasan baru yang mendorong mereka untuk bergerak.
  2. Jadilah orang yang efektif, jadikan tema pembicaraan menarik.Ungkapkan ide-ide yang brilian dan jadikan lebih realistis.Cara efektif untuk memberikan pengaruh pada pendengar:
  • Memanfaatkan pengalaman hidup
  • Menciptakan suasana baru
  • Menggunakan alat bantu
  • Mendorong pendengar untuk pro aktif
MEYAKINKAN PENDENGAR YANG NETRAL
Biasanya mereka mendiskusikan dan menilai ide- ide pembicara dengan jeli.Car a bicara terhadap mereka adalah swbagai berikut:
  1. Jangan sampaikan tema pembicaraan secara dramatis.Jika anda telah mampu mengubah pendengar  netral menjadi positif maka menyampaikan kesimpulan secara dramatis mungkin cocok,tapi menyampaikan ide sejak pertama sampai akhir sampai akhir akan menimbulkan efek yang negative.
  2. Berfikirlah secara logis,pendengar netral biasanya menimbang-nimbang idea tau pikiran anda,jiak mereka kritis dan banyak menyampaikan pertanyaan,maka anda akan mengalami kesulitan,cara untuk membantu anda meyakinkan pendengar netral ini adalah sebagai berikut:
  • Buktikan kebenaran dan kredibilitas bukti-bukti yang anda sampaikan
  • Jelaskan kepada pendengar bagaimana  mereka dapat membuktikan kebenaran bukti-bukti anda.
  • Jangan lupakan sedikitpun keterangan-keterangan yang penting.
  • Berikan kesempatan untuk Tanya jawab.
  • Jelaskan cara yang anda gunakan dalam proses pengambilsn kesimpulan,dari persamaan –persamaan  logika secara meyakinkan sehingga pendenagr yakin bahwa anda sampai kepada kesimpulan dengan cara yang logis.
Dalam hal ini kemampuan anda menjawab pertanyaan yang disampaikan sangat penting dalam proses meyakinkan orang lain.
MEYAKINKAN PENDENGAR YANG MENENTANG
Cara  menghadapinya adalah sebagai berikut:
  1. Jangan memicu kontroversi
  2. Bersikaplah dengan adil,cara yang digunakan pada pendengar penentang adalah sebagai berikut
  • Tentukan sikap “pendengar yang menentang” terhadap masalah dengan teliti.
  • Menghindari sementara titik-titik rawan yang dapat menimbulkan perdebatan.
  • Tampakan padanya bahwa anda menghargai pendapatnya dan caranya berfikir.
  • Jangan berlebihan menyampaikan argument pribadi anda.
  • Gunakan gaya yang bersemangat dan ramah.
MEYAKINKAN PENDENGAR YANG TAK ACUH
Cara berbicara dengan mereka adalah sebagi berikut;
  1. Jangan membosankan,hindari memuliakan dengan gaya  berlebihan,jangan banyak menggunakan istilah yang membosankan.
  2. Beersemangatlah,ada beberapa cara untuk mendapat perhatian dari pendengar tipe ini:
  • Menggunakan intonasi suara dan semangat dalam proses penyampaian
  • Carilah penjelasan penjelasan yang baru dan unik.
  • Pergunakan informasi-informasi terkini .
  • Pergunakan model cerita.
  • Ingatlah betapa penting dan berharganya humor dan anekdot
LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENJADI SEORANG KOMUNIKATOR
  1. Telitilah tujuan komunikasi
  2. Perluas wawasan anda
  3. Dengarkan dengan cermat dan pahami pesan yang disampaikan orang lain kepada anda
  4. Selalu perhatikan sumber pesan dari mana asalnya
  5. Bentuklah pesan anda sesuai dengan tingkat pendengar
  6. Sampaikan pertanyaan
  7. Kenalilah apa yang akan anda bicarakan
  8. Bicaralah dengan jelas dan spesifik
  9. Jangan takut berkata “saya tidak tahu”
10.  Ingat, apa saja yang sampai pada orang lain adalah sarana berkomunikasi
11.  Hindari terperangkap dalam ungkapan “adaklanya /atau”
12.  Hadapilah orang yang anda ajak bicara dengan penuh perhatian
13.  Jangan memotong pembicaraaan orang lain
14.  Usahakan menyamapikan pikiran-pikiran anda pada waktu dan tempat yang tepat
15.  Yakinlah bahwa komunikasi secara langsung adalah proses yang berkesinambungan
Dikutip dari buku “10 kebiasaan manusia sukses tanpa batas”,karya DR.Ibrahim Hamd Al- qu’ayyid.
Hal,366-377

Tidak ada komentar:

Posting Komentar