A. EMPAT ELEMEN PENTING DALAM MEYAKINKAN ORANG
1. Pengetahuan
Anda
ingin menunjukkan kepada orang lain, bahwa Anda tahu tentang segala
sesuatu yang Anda tawarkan; karena orang tidak akan tertarik untuk
membeli dari orang yang tidak tahu apa-apa tentang barang yang akan
dijualnya. Akan tetapi pengetajuan yang dimaksud bukan hanya itu,
melainkan melipuit pengetahuan unutk mengerti dan memaklumi kenapa orang
ingin tahu atau tidak membeli produk Anda.
Pak
Wandar adalah seorang penjual dengan penghasilan tinggi. Dia menawarkan
dua ribu lemari pada suatu sekolah yang hampir selesai dibangun.
Setelah tawar-menawar berlangsung, pengawas sekolah menolak tawarannya
karena dianggap lebih mahal dari tawaran orang alin. “Sayang sekali.
Tetapi lemari-lemari produk kami sangat aman,” kilah pak Wandar. “Apa
maksud Anda dengan istilah aman?” tanya Kepala sekolah ingin tahu. “
Mungkin saja tawaran dari orang lain lebih murah, karena tidak
dilengkapi sistem pemgaman padpa kunci pintu pada pegangannya. Bahannya
pasit lebih kasar dari produk kami, dan tentu saja bahan seperti itu
mudak melukai tangan anak-anak. Kalau Anda sampai pada kalkulasi dana
pengobatan dan perbaikan seta problem-problem yagditimbulkannya, Anda
pasti tidak akan menyesal untuk memilih produk kami,” jawab pak Wandar
memberikan penjelesan . dan terjadilah transaksi. Pak Wandar berhasil.
Faham! Tidak perduli apakah yang Anda jual itu suatu prodruk, suatu ide atau rencana. Ketahuilah cara menjualnya.
1. KEYAKINAN
Pengetahuan
saja tidaklah cukup. Anda juga harus yakin terhadap Mutu produk
tersebut. Jika Anda sendiri meragukan atau kurang yakin terhadap suatu
produk yang Anda jual, sulitlah jadinya. Kontak mata pun tidak lancar.
Lidah Anda kaku, sulit untuk mengucapkan kata-kata yang meyakinkan .
suara Anda kurang pasti, kurang antusias. Mungkin orang tidak samapi
pada suatu anggapan. Bahwa Anda telah berbohongm tetapi merka tidak akan
membeli bila tanda-tanda yang tidak meyakinkan, tanda ragu-ragu yang
merugikan.
2. Empati
Kalau
simpati itu perasaan terhadap orang lain, sedangkan emapti, itu persaan
kebersamaan dengan orang lain, itu artinya Anda ikut merasakan hal yang
sama persis dengan yang dirasakan oleh orang itu. Megapa emati
diperlukan? Karena tidak semau pembeli itu rasional!
Apakah
Anda memlih calon dalam suatu pemilihan lurah, berdasarkan rasio? Tidak
selalu bukan? Ada yang disebabkan karan calon lurah itu adalah
sahabatnya. Ada yang karena calon itu rekan usahnya. Atau karena calon
itu adalah pacarnya sendiri!
Bagaimana
dengan para calon presiden Amerika? Apakah pidaton kampanye merka di
hadapan para pensiunan di Florida, sama persis degnan pedatonya di
hadapan para petani gandum di kota Kansas? Tidak pula bukan? Para calon
presiden itu mencoba untuk memandang kehiupan dengan pandangan hidup
yang sama, persaan senasib dengan para pemilihnya. Inilah yangdinamakan
empati.
Empati
juga berarti menujukkan rasa hormat dan penuh pengertian terhadap
kepentingan pembeli. Masudnya, mereka harus merasakan dan tahu bahwa
Anda mau memgerti kepentingan merakajaga midalnya slagi Anda berbicara.
Anda melihat bahwa valon pemblai tesebtu seperti sedang memikirkan saoal
alin yang lebih penting; maka tanuyakanlah kepadanya. Apakah sebaiknay
Anmda datang besok pagi saja, atau apakah Anda telah menyinggung
perasaannya, dan lai sebagainya. Si calon pembeli pasit lebih mengahragi
tidankan Adna.
Seorang penjaul yang menunjukkan rsa emapti, adalah seorang pendegar sekaligus pembicara, dan seorang pemirsa sekaligus.
1. Antusiasme
Seoarang
penjual menganggap pekerjaanya sama denga mentarst=gerantusiasme.
Hardoni adalah seorang penjual sepatu fabatasi. Sepatunya banayk dpakai
oleh para peragawati, bintang film, dan penyanyi tekenal. Dia
megutamakan antusiasme pada urutan teratas dalm dagra
keualitaskeahliannya sbagai seorag penjual.
“ tidak ada kesulitan bagi saya untuk menimbulkan rasa antusias bagi pelanggan saya, untuk menimbulkan rasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar